Beda IMC klasik berbanding dengan IMC saat ini
Saat ini, integrated marketing communication (IMC) menjadi satu metode yang paling banyak dipakai oleh para profesional marketer .
Strategi pemasaran ini sangat dianggap sebagai cara paling cepat untuk menarik minat audiens.
IMC ini sifatnya juga fleksibel. IMC dapat dilakukan melalui online atau offline tergantung kebutuhan penggunanya.
Integrated marketing communication (IMC) dikenal sebagai komunikasi pemasaran terpadu. IMC adalah pendekatan untuk memastikan komunikasi brand yang selaras untuk konsumen di seluruh marketing channel-mu.
Pada zaman dahulu pemasaran dlakukan dengan menggunakan metode tradisional. Metode tradisional sendiri adalah metode pemasaran konvensional yang dilakukan melalui pemasaran media yang ada pada zaman itu yaitu radio atau televisi bisa juga dilakukan secara langsung di tempat umum. Pemasaran zaman dahulu juga menggunakan metode barter atau kegiatan tukar-menukar barang yang terjadi antara dua pihak tanpa perantara alat tukar yakni uang.
Dengan menggunakan metode strategi pemasaran tradisional melalui televisi atau radio, produk yang akan dipasarkan akan di iklan kan melalui televisi atau radio. Dengan ini orang akan melihat atau mendengarkan produk yang di iklan kan. Memasarkan menggunakan iklan televisi dan radio mampu menarik orang untuk membeli produk tersebut setelah melihat atau mendengarkan melalui media tersebut.
Ada lagi metode dengan membuat poster, selebaran dan banner yang mana melalui strategi pemasaran ini keuntungan yang didapat adalah pembeli dapat membeli barang yang dibutuhkan di tempatnya dan memilih sendiri barang tersebut, akan tetapi strategi pemasaran tradisional juga dapat merugikan karena biaya untuk mengiklankan produk di televisi maupun radio sangat mahal.
Di zaman sekarang orang akan lebih memilih pemasaran digital atau yang lebih sering kita dengar dengan sebutan digital marketing.
Strategi pemasaran di zaman sekarang menggunakan metode modern, yaitu strategi yang menjadikan orang melakukan bisnis dengan teknologi dan kreatifitas. Tapi di zaman modern ini pemasaran tradisional masih ada contohnya di pasar, dan menggunakan alat tukar yaitu uang.
Dengan strategi pemasaran digital melalui online marketing ini mengandalkan akses internet untuk melakukan pemasaraan. Strategi ini menggunakan media sosial, website, email, dan e-commerce. Strategi pemasaran ini juga memanfaatkan content marketing. Content marketing sendiri adalah proses pemasaran dengan membuat konten video, foto, story, atau artikel yang relevan untuk menarik, memperoleh, dan melibatkan target konsumen.
Strategi pemasaran yang sangat berpengaruh besar terhadap produk-produk bukan dari strategi pemasaran tradisional maupun strategi pemasaran modern tetapi melalui mulut ke mulut, maksudnya strategi pemasaran ini dilakukan melalui penyebaran informasi suatu produk yang dibicarakan dari satu orang ke orang lainnya hingga mencakup jangkauan yang luas.
Konsep SOSTAC adalah model perencanaan, yang awalnya dikembangkan pada tahun 1990an untuk membantu perencanaan pemasaran oleh PR Smith, yang merupakan penulis di Emarketing Excellence.
SOSTAC adalah singkatan dari:
Situasi – dimana kita sekarang?
Tujuan – dimana kita ingin berada?
Strategi – bagaimana kita mencapainya?
Taktik – bagaimana tepatnya kita mencapainya?
Tindakan – apa rencana kita?
Kontrol – apakah kita sudah sampai di sana?
Konsep SOSTAC menjadi populer karena sederhana, mudah diingat, dan mencakup semua masalah utama yang kita perlukan dalam rencana pemasaran atau rencana bisnis. Saat kita menerapkan konsep SOSTAC dan Sistem Pertumbuhan RACE secara bersamaan, kita dapat menilai rencana pemasaran dan membuat strategi berbasis data yang sangat berpusat pada pelanggan dan mudah ditindaklanjuti.
Jika kita ingin membuat rencana yang lebih ringkas dan terfokus, sebaiknya gunakan pendekatan Peluang > Strategi > Tindakan. Dengan memulai mengidentifikasi peluang untuk bisnis, kita dapat menetapkan strategi yang secara langsung mendukung tujuan yang diharapkan. Dengan peluang yang menjadi dasar penyusunan strategi, kita dapat memprioritaskan dan mengoptimalkan aktivitas pemasaran yang akan mendorong kemajuan bisnis yang dijalankan.
Smart Insights Digital Marketing
https://www.smartinsights.com › s...
Panduan model perencanaan pemasaran SOSTAC
https://www.kompasiana.com/aisyahsalsafia/619edbd09dc02915ef1baa82/perbedaan-strategi-pemasaraan-pada-zaman-old-vs-zaman-now
Glints
https://glints.com › lowongan › apa...
Integrated Marketing Communication (IMC): Arti, ...
Dosen pengampu : Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC., C.PS., C.STMI